Qori' Indonesia

“Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan.” (Al Muzzammil:4)

Kiat-Kiat Memelihara Suara Agar Bagus, Merdu Dan Sukses Dalam Tilawah

Assalamu'alaikum sahabat qori'.

Bagaimana agar suara kita menjadi merdu? pertanyaan tersebut tentu sering dilontarkan bagi para calon qori' maupun qori'ah. Nah kali ini saya akan sedikit share Kiat-Kiat Memelihara Suara Agar Bagus, Merdu Dan Sukses Dalam Tilawah. Silahkan disimak yaaa..

Kiat-Kiat Memelihara Suara Agar Bagus, Merdu Dan Sukses Dalam Tilawah

Kiat-Kiat Memelihara Sura Agar Bgus, Merdu Dan Sukses Dalam Tilawah


Agar suara dapat berubah dengan segera, maka lakukanlah cara-cara dibawah ini!.

A. Kumur Air Garam

1 sendok makan garam dan 1 gelas air putih. Sebaiknya dilakukan setiap bangun tidur (setelah sholat subuh), dan sebelum makan dan minum kecuali minum air putih. Dengan cara berkumur kenanan dan kekiri serta keatas bawah ini berguna agar urat leher dan pita suara dapat mengendur dan tidak kaku, sehingga mudah membentuk irama.

B. Minum Air Putih

Minum air putih, utamanya yang sudah diembunkan malam harinya lalu pagi setelah bangun tidur sebelum sholat subuh. Air itu diminum dulu sekenyangnya (minimal 1 gelas cantel). Hal ini berbuna agar volume paru-paru dan diafragma berkembang sehingga membuat nafas menjadi panjang.

C. Sering Mendengarkan Tilawah

Caranya boleh mendengarkan kaset atau CD murotal dari rekaman masyaikh qurro’ kenamaan dari timur tengah (Mesir) atau setidaknya qori’ atau qori’ah dari Indonesia. Selain dapat menambah khazanah pembendaharaan bacaan murotal juga berguna agar lajah (dialek) mengikuti “Aksen Orang Arab” (pengucapan huruf hijaiyah yang fasih) bukan dialek daerah masing-masing.

D. Mempunyai Guru atau Pembina yang Mumpuni 

Agar kualitas bacaan Al-qur’an kita cepat dapa berubah dengan kualitas tahsinul qiro’ah, maka sesogyangya kita sanggup berguru dengan ustadz atau ustadzah yang berkompeten serta profesional dibidang seni baca Al-Qur’an. Hal ini berguna sebagai partner latihan (pembimbing), agar bacaan kita sanantiasa terkontrol dengan baik serta benar. Sebagaimana beliau Rosululloh SAW senantiasa mengontrol (mentasheh) bacaab para sahabatnya ketika beliau masih hidup.




Baca Artikel Lain:






.
.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kiat-Kiat Memelihara Suara Agar Bagus, Merdu Dan Sukses Dalam Tilawah"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top