0 Komentar

Metode Pembelajaran Seni Tilawah

Metode Pembelajaran Seni Tilawah

Dalam sebuah pembelajaran tentu diperlukan metode untuk menyampaikan materi. Begitu pula dengan pembelajaran seni baca Al-Qur'an yang juga memerlukan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran seni tilawah. Diantara metode yang bisa digunakan diantaranya :

1. Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan salah satu metode yang bisa dilakukan dalam pembelajaran seni tilawah. Pada saat pembelajaran seni tilawah seorang ustadz atau guru tentu akan menerangkan terlebih dahulu materi yang akan dipelajarinya. Disini metode ceramah sangat berperan dalam mengantarkan materi yang akan disampaikan kepada santri atau peserta didik.

2. Metode Demonstrasi

Metode demonstrati juga sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran seni tilawah. Dalam pelaksanaanya, seorang guru memberikan sebuah contoh sehingga bisa diperhatikan oleh siswa. Misalnya pada materi lagu atau latihan pernafasan, guru bisa memberikan contoh dihadapan peserta didik. Hal ini bertujuan peserta didik bisa lebih jelas apa yang disampaikan oleh guru.

3. Metode Drill

Metode ini merupakan salah satu metode yang sangat penting dalam pembelajaran seni tilawah. Maksud dari drill disini yaitu seorang siswa diberikan latihan-latihan atau materi tentang seni baca Al-Qur'an. Dalam hal ini difokuskan pada praktek yaitu pengulangan lagu-lagu seni baca Al-Qur'an maupaun lagu-lagu yang telah diterapkan pada ayat Al-Qur'an.

4. Metode Meniru

Meniru apa yang telah disampaikan oleh guru merupakan metode yang bisa diterapkan dalam pembelajaran seni tilawah. Setelah guru memberikan contoh kemudian para murid menirukannya. Metode ini bisa diterapkan pada materi lagu, pernafasan, ataupun materi tajwid.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top